KIM Manteb Membuat Website melalui Kelola.kim.id

  • May 29, 2024
  • Vicky Firmansyah

KIM Manteb Karangpandan mengikuti Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platform Digital Kemitraan Bagi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) se-Jawa Tengah di Hotel Wisdom Johnson, Kota Pekalongan, Rabu (29/5) mewakili KIM Kabupaten Karanganyar. Kegitan tersebut diselenggarakan oleh Diskominfo Provinsi Jawa Tengah.

Hadir pada acara Bimtek Hasyim Gautama, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo RI yang memberikan materinya terkait Pengelolaan KIM di era digital.KIM merupakan salah satu mitra strategis pemerintah selain satgas medsos, penyuluh informasi publik, para pranata humas dan lain-lain. Sejarah KIM dimulai dari Kelompencapir di masa Orde Baru dan bertransformasi menjadi KIM hingga saat ini. Perubahan dan perkembangan teknologi informasi harus disikapi KIM dengan cara menguasainya sehingga TIK menjadi piranti yang memudahkan dalam mendiseminasikan informasi.

Sesi berikutnya adalah workshop pemanfaatan platform digital Kelola.kim.id yang disediakan Kemenkominfo untuk mewadahi KIM se-Indonesia. Pada platform ini admin Diskominfo Kabupaten/Kota mengelola KIM di masing-masing daerahnya dan menyediakan subdomain untuk website KIM di wilayahnya. Meskipun pembuatan website mensyaratkan SK (Surat Keputusan) untuk setiap KIM sebagai legalitas, namun pada prosesnya unggahan SK dapat menyusul pada pembuatan website ini.

Melalui Bimtek ini, KIM  memperoleh insight skill dalam pengelolaan website mulai dari logiin sampai dengan pengelolaan kontennya. Demikian.